Rimbawan FAHUTAN USU Bergerak Untuk Aceh

Rimbawan FAHUTAN USU Bergerak Untuk Aceh

Aliansi Mahasiswa di Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara yang diberi nama Rimbawan USU Peduli Aceh (RUPA) telah menyalurkan bantuan untuk korban gempa bumi yang terjadi di Pidie Jaya dan sekitar, 17 Desember 2016. Gempa 6,5 skala Ritcher yang mengguncang wilayah Pidie Jaya dan sekitarnya terejadi pada Hari Rabu, 07 Desember 2016 subuh hari. Dari Kondisi tersebut sudah banyak yang menjadi korban akibta bencana alam tersebut. Tim RUPA ( Rimbawan USU Peduli Aceh) juga terpanggil cepat tanggap untuk membantu korban bencana, Tim ini yang berisikan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) di Fakultas Kehutanan USU, segera dengan cepat menggalang dana dan menyalurkan bantuan yang dibutuhkan untuk para korban

Rimbawan 1

Ketua Aliansi RUPA menyatakan bahwa ini merupakan salah satu inisiatif kita bersama sebagai mahasiswa khususnya selaku Mahasiswa Fakultas Kehutanan , dikarenakan peran mahasiswa harus menjadi garda terdepan untuk melaksanakan kaidah kaidah didalam perguruan tinggi yang terdapat pada tri dharma perguruan tinggi yaitu pendidikan penelitian dan pengabdian masyarakat. Tentu dengan kejadian ini membuat hati kita sebagai mahasiswa ikut perihatin dan bergerak dan ikut terjun membantu masyarakat secara langsung baik materi maupun tenaga.

Hal ini juga senada disampaikan oleh Koordinator Aksi yaitu Fahrul Rozi Panjaitan mengatakan hal yang sama bahwa selain menuntut ilmu peran mahasiswa diharapkan ikut membantu dalam kegiatan berlandaskan kepedulian sosial terhadap masyarakat. Untuk penggalangan dana dilakukan selama 3 hari di selangi waktu kuliah ini membuat dana yang terkumpul sebesar Rp. 4.800.000, kemudian dana yang telah terkumpul di belanjakan sesuai dengan kebutuhan para korban gempa. Adapun barang yang dibelanjakan yaitu 5 buah tikar, 10 karung beras, popok anak-anak dan dewasa, selimut, sarung serta beberapa baju dan kaos layak pakai yang berhasil dikumpulkan oleh tim RUPA’’ ungkap Rozi “Pembagian bantuan nantinya kan di berikan ke beberapa posko pengungsian yang berada dikawasan pedalaman“

Rimbawan 2

Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen civitas akademika, kepada Ibu Siti Latifah S.Hut., M.Si., Ph.D, selaku Dekan Fakultas Kehutanan yang memberikan izin kepada kami untuk melaksanakan kegiatan yang bermanfaat ini. Bapak Dr. Apri Heri Iswanto S.Hut., M.Si., selaku Wakil Dekan III juga dalam hal ini memberikan semangat dan dukungan kepada Kami, “Sebuah apresiasi untuk kita semua yang sudah menunjukkan kepedulian kita sebagai akademisi yang tidak hanya berfokus kepada pelajaran diruang kelas, namun turut ikut andil membantu saudara kita yang tertimpa musibah, bukan jumlah yang kita liat, namun niat dan usaha yang menjadi poin penting, selamat jalan para tim relawan untuk menyalurkan langsung bantuan korban bencana gempa bumi”. Selain itu juga kepada Bapak Dr. Achmad Siddik Thoha, S.Hut., M.Si, yang memberikan pandangan dan kondisi bagaimana lokasi terjadi gempa dan posko pengungsian agar pemeberian bantuan tepat kepada yang dibutuhkan.

Ketua Ikatan Alumni Kehutanan Universitas Sumatera Utara (IKAHUT) Dede Adam S.Hut, memberikan Apresisasi kepeda adik adiknya di Fakultas Kehutanan USU, bahwa kegiatan seperti ini harus di tingkatkan lebih lanjut lagi. Dan juga mahasiswa di lingkungan Fakultas Kehutanan USU. Tepat pada Sabtu, 18 Desember 2016 Pukul 11.00 WIB, Tim berhasil menuju lokasi penggungsian yang berda didaerah jauh dari jangkauan kota besar. Posko berada di Desa Lhok Puuk Kecamatan Pentaraja ini sebanyak kurang lebih 113 KK yang mengungsi akibat gempa.

Rimbawan 4

Tim RUPA langsung menyalurkan bantuan di lokasi tersebut dibantu dan diarahkan oleh Bapak Saiful selaku pemandu tim RUPA dalam menyusuri posko pengungsian. Bapak Muhammad selaku ketua Posko tersebut menyambut hangat tim RUPA dan menerima semua bantuan yang diberikan secara langsung oleh tim. Ia mengatakan, berterima kasih kepada tim RUPA yang telah jauh jauh menempuh perjalanan kurang lebih 12 jam untuk memebrikan bantuan kepada kami. Menurut Beliau RUPA dalam hal ini merupakan tim yang baru pertama kali memberikan bantuan kepada posko kami dari kalangan Mahasiswa khususnya di daerah Sumatera Utara.

Angga Wijaya sebagai ketua tim RUPA menyampaikan ‘’bahwa dana yang terkumpul akan dibelikan barang yang berguna untuk para korban gempa. ’’Hal senada disampaikan oleh Fahrul Rozi Panjaitan “Kami cukup prihatin dan sedih terhadap korban gempa yang masih trauma terhadap kejadian gempa tersebut dan juga bangunan yang rubuh dan hancur akibat gempa’’ ujar salah satu tim RUPA. “bantuan yang diberikan berupa selimut, tikar, sarung, beras, popok anak-anaka dan dewasa serta susu bayi’’ .

Rimbawan 5

Terimah kasih kami ucapkan kepada para Relawan Rimbawan USU PEduli Aceh (RUPA) yaitu seluruh mahasiswa Fakultas Kehutanan USU YANG sudah mengambil andil untuk menggalang dana, terimah kasih juga kepada pihak Dekanat Fakultas Kehutanan USU dan Ikatan Alumni Kehutanan (IKAHUT) yang sudah memberikan dukungannya, kepada para donator yang sudah mendonasikan hartanya. Semogah apa yang kita berikan menjadi amalan kebaikan kita.
Oleh : Tim Rimbawan USU Peduli Aceh, Pidie Jaya 18-20 Desember 2016
Penulis : Khairil Amri
Editor : Angga Wijaya
Fotografer : Khairil Anwar Ritonga dan Akbar Dalimunthe